Ulama wahabi Syaikh bin Baz ...!!! Membolehkan berkumpul dalam majelis ta’ziyah dan menikmati jamuan yang disediakan sebagaimana kebiasaan masyarakat terhadap para pengunjungnya ,,,berikut keteranganya dan sebarluaskan ya ...!!!



Dalam kitab Majmu’ Fatawa wa Maqalat Mutanawwi’ah oleh Syaikh Ibnu Baz.

حكم حضور مجلس العزاء والجلوس فيه 

Hukum ada dalam majlis ta'ziah dan duduk di dalamnya

س : هل يجوز حضور مجلس العزاء والجلوس معهم؟ 

Pertanyaan : Bolehkah menghadiri majlis ta’ziyah (tahlilan) & duduk-duduk dengan mereka?

ج : إذا حضر المسلم وعزى أهل الميت فذلك مستحب؛ لما فيه من الجبر لهم والتعزية، وإذا شرب عندهم فنجان قهوة أو شاي أو تطيب فلا بأس كعادة الناس مع زوارهم. 

Jawab : Jika seseorang Muslim menghadiri majliz ta’ziyah serta menghibur keluarga mayit jadi hal semacam itu disunnahkan, sebab bisa menghibur & berikan motivasi kesabaran pada mereka. Bila minum secangkir kopi, teh atau menggunakan minyak wangi (pemberian keluarga mayit), jadi hukumnya tidak apa-apa, seperti kebiasaan orang-orang pada beberapa pengunjungnya. ” (Syaikh Ibnu Baz, Majmu’ Fatawa wa Maqalat Mutanawwi’ah, juz 13 hal. 371).

dari pernyataan Syaih bin baz diatas kita tahu kalau SYAIH Bin Baz tahu kalau teradisi ta'ziah di masarakat ada yang menyajikan minuman, jadi meminumnya dan nikmati yang di hidangkan tidak apa apa, bukanlah haram apalgi bid ah.

Masih fatwa ulama wahabi bin Baz Syaikh Ibnu Baz berkata dalam fatwa resminya :

عشاء الوالدين 

س : الأخ أ. م. ع. من الرياض يقول في سؤاله : نسمع كثيرا عن عشاء الوالدين أو أحدهما، وله طرق متعددة، فبعض الناس يعمل عشاء خاصة في رمضان ويدعو له بعض العمال والفقراء، وبعضهم يخرجه للذين يفطرون في المسجد، وبعضهم يذبح ذبيحة ويوزعها على بعض الفقراء وعلى بعض جيرانه، فإذا كان هذا العشاء جائزا فما هي الصفة المناسبة له؟ 

ج : الصدقة للوالدين أو غيرهما من الأقارب مشروعة؛ لقول «النبي صلى الله عليه وسلم : لما سأله سائل قائلا : هل بقي من بر أبوي شيء أبرهما به بعد موتهما؟ قال نعم الصلاة عليهما والاستغفار لهما وإنفاذ عهدهما من بعدهما وإكرام صديقهما وصلة الرحم التي لا توصل إلا بهما » ولقوله صلى الله عليه وسلم : «إن من أبر البر أن يصل الرجل أهل ود أبيه » «وقوله صلى الله عليه وسلم لما سأله سائل قائلا : إن أمي ماتت ولم توص أفلها أجر إن تصدقت عنها؟ قال النبي صلى الله عليه وسلم نعم » ولعموم قوله صلى الله عليه وسلم : «إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث صدقة جارية أو علم 

ينتفع به أو ولد صالح يدعو له ». وهذه الصدقة لا مشاحة في تسميتها بعشاء الوالدين، أو صدقة الوالدين سواء كانت في رمضان أو غيرهما

“HUKUM KENDURI UNTUK KEDUA ORANG TUA

Masalah : Sda AMA, Riyadh. Kami banyak mendengar mengenai kenduri untuk ke-2 orang tua atau satu diantaranya. Dan banyak langkahnya. Beberapa orang-orang mengadakan kenduri spesial pada bln. Ramadhan dengan mengudang beberapa pekerja dan fakir miskin. Beberapa lagi mengeluarkannya untuk mereka yang berbuka puasa di Masjid. Beberapa lagi menyembelih hewan dan membagikannya pada beberapa fakir miskin dan tetangga. Apakah kenduri ini bisa? Lalu bagaimana caranya yang wajar?

Jawab : “Sedekah untuk kedua orang tua, atau kerabat yang lain memanglah disarankan syara’, lantaran sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, saat seorang bertanya : “Apakah saya masihlah dapat berbakti pada kedua orangtua sesudah mereka meninggal dunia? ” “Iya, menshalati jenazahnya, memohonkan ampunan, menepati janjinya, memuliakan teman mereka, menyambung tali kerabatan yang cuma tersambung melalui mereka. ” Dan lantaran sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam : “Termasuk kebaktian yang terbaik yaitu seorang menyambung jalinan mereka yang di cintai ayahnya. ” Dan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ketiak seorang bertanya : “Sesungguhnya ibuku sudah meninggal dan tidak berwasiat. Apakah ia akan memperoleh pahala bila saya bersedekah untuk dia? ” Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab : “Iya”. Dan karena keumuman sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam : “Apabila seorang meninggal dunia, jadi terputuslah amalnya kecuali dari tiga perkara, sedekah yang mengalir, pengetahuan yang digunakan dan anak shaleh yang mendoakannya. ” Sedekah sejenis ini, tidak jadi masalah diberi nama kenduri kedua orang tua atau sedekah ke-2 orangtua, baik dikerjakan pada bln. Ramadhan atau selainnya. ” (Syaikh Ibnu Baz, Majmu’ Fatawa wa Maqalat Mutanawwi’ah, juz 13 hal. 253-254).
Dalam fatwa diatas, terang sekali Syaikh Ibnu Baz membolehkan dan menganjurkan kebiasaan ‘asya’ al-walidain (kenduri untuk kedua orangtua, sesudah meninggalnya bisa 1 bulan atau lebih), dikarenakan dalil-dalilnya begitu kuat dari hadits-hadits shahih diatas. ”

semoga bermanfaat...



sumber : http://www.rumah-islam.com/2016/07/ulama-wahabi-syaikh-bin-baz-membolehkan.html
Ulama wahabi Syaikh bin Baz ...!!! Membolehkan berkumpul dalam majelis ta’ziyah dan menikmati jamuan yang disediakan sebagaimana kebiasaan masyarakat terhadap para pengunjungnya ,,,berikut keteranganya dan sebarluaskan ya ...!!! Ulama wahabi Syaikh bin Baz ...!!! Membolehkan berkumpul dalam majelis ta’ziyah dan menikmati jamuan yang disediakan sebagaimana kebiasaan masyarakat terhadap para pengunjungnya ,,,berikut keteranganya dan sebarluaskan ya ...!!! Reviewed by Unknown on 19.49 Rating: 5